Risha Solusi Rumah Duafa

Risha Solusi Rumah Duafa

Risha Solusi Rumah Duafa

BJKW I Banda Aceh, BMPK dan PT Harum Jaya Gelar Pelatihan Tukang

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) I Banda Aceh Kementerian PUPR Wilayah I Aceh bersama Balai Material Peralatan Konstruksi dan PT Harum Jaya, saat ini sedang membangun contoh Rumah Instans Sederhana Sehat (Risha) di areal perkantoran BJKW, kompleks Unsyiah, Banda Aceh. Rencananya, rumah tahan gempa tersebut akan diluncurkan dalam waktu dekat ini.

Kepala BJKW 1 Banda Aceh, Ir M Hilal MT, kepada Serambi menjelaskan, Risha merupakan rumah yang didesain khusus di daerah gempa. Terbuat dari panel-panel beton yang telah disiapkan, yang kemudian dirangkai menjadi sebuah rumah. “Risha ini telah diuji dan tahan gempa hingga 7 SR (skala richter),” katanya. Selain cocok dibangun di daerah rawan gempa, rumah ini juga sangat layak untuk program rumah duafa yang tengah diprogramkan Pemerintah Aceh. Sebab, lanjut Hilal, selain masa pengerjaan yang singkat, biaya lebih murah, tahan gempa, bagus dan layak huni, serta bisa dikembangkan.

“Risha ini sangat cocok sekali untuk rumah duafa. Kerjanya ringkas, masa pengerjaannya maksimal 30 hari untuk tipe 36, dan bisa dibuat bertingkat, tetapi hanya boleh dua lantai saja. Sedangkan biaya pembuatan berkisar antara Rp 50 juta hingga 60 juta,” jelas Hilal.

Untuk memperkenalkan rumah ini di Aceh, BJKW 1 Banda Aceh dia katakan, bekerja sama dengan PT Harum Jaya sedang melakukan pelatihan tukang atau instaler dengan membuat sebuah rumah, yang sekaligus akan menjadi contoh. Sementara ini, ia sebutkan, Risha baru diterapkan di Palu.

“Kita juga akan perkenalkan di Aceh, sebab Aceh salah satu daerah rawan gempa. Momennya saya kira juga sangat tepat karena Pemerintah Aceh juga berencana akan membangun rumah duafa. Kita bisa siapkan sistem katalog untuk proses lelang,” tambah M Hilal.

Sementara Direktur PT Harum Jaya, Mansur, menambahkan, jika dilihat konstruksinya, Risha ini tidak jauh berbeda dengan rumah-rumah lainnya, sebab Risha juga terbuat dari beton dan gampang dipoles untuk dipercantik. Selain itu, Risha ternyata juga terbebas dari biaya perawatan.

“Biaya pembuatannya juga murah dan yang terpenting rumah ini tahan gempa dan sangat layak dihuni,” tambahnya.

Oleh karena itu, ia sepakat dengan pernyataan Kepala BJKW 1 Banda Aceh bahwa rumah ini sangat cocok sekali diterapkan pada rumah duafa program Pemerintah Aceh.

Di samping itu, rumah ini juga cocok bagi masyarakat yang sedang mencari rumah, dengan kualitas bagus tetapi harga lebih murah.

“Risha memang memiliki keunggulan dari sisi waktu pengerjaan, mutu, dan biaya. Apalagi, Risha memiliki standar nasional yang telah teruji,” tambah Mansur.(*)



Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Risha Solusi Rumah Duafa, https://aceh.tribunnews.com/2019/12/18/risha-solusi-rumah-duafa.

Editor: iklan@serambinews.com

Write a Message

Your email address will not be published.

Related Posts

Enter your keyword